Bagaimana Melakukan Promosi Yang Tepat?

Bagaimana Melakukan Promosi Yang Tepat?

promtion
Promosi merupakan cara untuk memperkenalkan jenis usaha kepada orang lain atau publik. Mulai dari jenis produk, harga, dan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Ada juga yang menawarkan promosi sebagai bentuk komunikasi yang memberi penjelaskan yang meyakinkan kepada calon pembeli atau konsumen atau konsumen tentang barang atau jasa yang diperjualbelikan. Dalam dunia kewirausahaan media promosi sangat diperlukan, sebab hal ini merupakan langkah-langkah supaya usaha yang dijalankan dapat dikenal oleh kalayak umum. Tanpa adanya promosi, mustahil usaha yang dijalankan tersebut dapat dikenal oleh orang lain atau calon pembeli.

Ada dua bentuk media promosi yaitu bentuk media cetak dan media elektronik, yang mana kedua bentuk promosi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Media Cetak

Media cetak adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi usaha. Media ini dibuat dengan cara dicetak kemudian disebarkan ke wilayah-wilayah tertentu yang menjadi targetnya. Keungulan media ini biayanya cukup murah dan apabila sesuai sasaran akan memperoleh hasil yang memuaskan. Sedangkan kelemahanya adalah bentuk promosi kurang menarik, lambat, jarang diperhatikan, dan tidak bisa merata ke seluruh konsumen.
Berikut ini point penting yang bisa kamu lakukan pada promosi melalui media cetak:
  • Pada bagian atas iklan, dapat mengundang para pembaca untuk melihat dan dapat memikat mata, seperti kata-kata yang untuk bahkan bisa kata-kata yang mengempakan. Contohnya: AWASS!!, INGAT! Dll
  • Pada bagian tengah, harus diisi dengan perkataan-perkataan yang mengundang pembeli dan disusun secara menarik.
  • Bagian bawah atau penutup, hendaknya di cantumkan nama perusahan/toko, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

2. Media Elektronik

Media elektronik ialah media promosi yang dibuat dengan cara memakai fasilitas-fasilitas elektronika. Biasanya media ini digunakan oleh calon konsumen, sebab mereka tidak perlu membaca promosi yang ditawakan. Bahkan media elektronik menawarkan dengan bentuk visual yang dapat dilihat dan diperhatikan langsung oleh para calon konsumen. Bentuk promosi ini lebih menarik dan mempunyai jangkauan lebih luas. dengan kata lain dimana pun orang berada selama dia mempunyai salah satu bagian dari media elektronik, dipastikan ia akan dapat mengetahui promosi yang ditawarkan dengan waktu  yang lebih cepat di banding dengan media lain.

Dari kedua media tersebut, dapat dipahami promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jadi apakah kamu sudah mendapatkan bentuk promosi yang tepat?

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijaksana yaa, saya senang dengan komentar yang kritis dan membangun.
Segala bentuk komentar yang mengandung sara, provokatif dan pornografi akan saya hapus.
Terimakasih

Tombol Whatsapp hanya berfungi di Mobile Device

Ketik untuk cari dan tekan enter