Olahraga Rutin: Kunci Tidur Yang Lebih Nyenyak Di Malam Hari

Olahraga Rutin: Kunci Tidur Yang Lebih Nyenyak Di Malam Hari

Tidur Nyeyak
Mungkin terlihat tidak ada hubungannya, tapi olahraga secara rutin bisa memperbaiki kualitas tidur dan mencegah insomnia, lho. Dengan berolahraga, tidur kamu jadi lebih berkualitas sehingga nantinya bisa bangun pagi dengan perasaan lebih segar. Selain itu, olahraga juga bisa membantu kamu jadi lebih langsing dan lebih berenergi.

Mau tahu lebih banyak? Yuk, lihat dulu bagaimana olahraga bisa mempengaruhi tidur kamu!

Menurut pakar kesehatan, aktivitas fisik bisa membuat tidur menjadi lebih berkualitas dan menyegarkan. Ini sudah dibuktikan dalam sebuah percobaan klinis, dimana para subjek penelitian tertidur lebih cepat di hari mereka berolahraga. Kok bisa, ya?

Aktivitas fisik yang kamu lakukan akan memberikan tekanan pada tubuh dan sistem syaraf. Selama tidur, tubuh akan membangun sel baru dan memperbaiki jaringan halus yang rusak. Jadi pada intinya, tidur membantu tubuh menyembuhkan dan memulihkan diri dari stress sehari-hari.

Tidur juga punya efek yang sama pada otak, dimana tubuh akan membangun hubungan syaraf baru dan memerangi kerusakan yang disebabkan oleh stress akibat berolahraga. Nah, inilah yang akan meningkatkan kualitas tidur kamu.

Menurut penelitian terbaru, berolahraga bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah dan mengobati insomnia. Gaya hidup aktif akan membuat mood, kualitas tidur, serta kesehatan mental kamu menjadi lebih baik. Ini karena ada hubungan timbal balik antara olahraga dan tidur, dimana olahraga mempengaruhi tidur dan begitu juga sebaliknya. Setelah tidur nyenyak kamu bisa berolahraga dengan lebih baik, punya energi yang lebih besar, dan memperbaiki performa fisik secara keseluruhan.

Dalam sebuah percobaan klinis pada 17 mahasiswa yang jarang bergerak aktif dan menderita insomnia, mereka yang sudah mengikuti program latihan aerobik selama 16 minggu melaporkan perbaikan pesat dalam kualitas, durasi, dan efisiensi tidur. Selain jadi tidak gampang mengantuk di siang hari, mereka juga mengalami pengurangan gejala depresi yang cukup signifikan. Ada juga penelitian lain yang menemukan bahwa berolahraga bisa mengurangi kebutuhan untuk mengkonsumsi obat tidur. Karena olahraga terhubung dengan perbaikan fungsi mental dan mengurangi tingkat kematian, maka olahraga juga bisa dijadikan pengobatan alternatif.

Sudah bukan rahasia kalau pil tidur memiliki efek samping yang berbahaya. Obat tidur bisa meningkatkan resiko kematian dini, masalah ingatan, kesulitan berkonsentrasi, dan penurunan ingatan. Bahkan, banyak orang yang langsung merasakan efek merugikan, seperti mimpi aneh, tubuh gemetar, nyeri jantung, sakit kepala, pusing di siang hari, serta masalah pencernaan. Kemungkinan terburuknya, pil tidur bisa menyebabkan parasomnia, seperti berjalan sambil tidur. Olahraga jelas tidak memberikan hasil negatif seperti ini, kan?

Cara Berolahraga Untuk Tidur yang Lebih Baik
Baik olahraga aerobik maupun latihan ketahanan, keduanya sama-sama bisa memperbaiki kualitas tidur. Semakin intens olahraganya, maka kamu bisa tidur dengan lebih nyenyak di malam hari. Tapi kamu harus tetap memperhatikan waktunya, karena olahraga berlebihan di jam tidur malah akan memberikan pengaruh negatif pada tidur.
Selain akan meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh, olahraga juga ikut menstimulasi sistem syaraf dan meningkatkan produksi adrenalin, dopamin, dan serotonin. Semua zat kimia ini akan meningkatkan energi tubuh, sehingga nantinya tidur kamu malah terganggu.

Meskipun kasus seperti ini tidak berlaku bagi semua orang, sebaiknya tetap hindari olahraga sebelum tidur, karena kamu tak akan pernah tahu bagaimana tubuh akan bereaksi. Kalau memang tak punya banyak waktu untuk berolahraga di pagi hari, lakukanlah setidaknya tiga atau empat jam sebelum tidur. Kamu juga bisa mencoba jenis olahraga ringan sebelum tidur, seperti peregangan, yoga, atau pilates.

Masih sulit tertidur juga? Kamu bisa coba pengobatan alami seperti teh valerian, teh chamomile, atau suplemen. Minyak esensial seperti minyak lavender juga bisa membuat tubuh kamu lebih santai dan mengusir stress, untuk menggunakannya kamu cukup menggosokkan beberapa tetes minyak ini di leher dan pergelangan tangan, atau hirup aromanya.


sumber: https://www.myfitsociety.com

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijaksana yaa, saya senang dengan komentar yang kritis dan membangun.
Segala bentuk komentar yang mengandung sara, provokatif dan pornografi akan saya hapus.
Terimakasih

Tombol Whatsapp hanya berfungi di Mobile Device

Ketik untuk cari dan tekan enter