Ngeblog Di Blogspot

Ngeblog Di Blogspot

Blogging
Di mana sih tempat belajar Nge-blog yang terbaik? Banyak tempat pelatihan yang memberikan pengetahuan untuk belajar blog. Biasanya tempat pelatihan belajar blog mematok tarif yang lumayan tinggi untuk satu kali pertemuan. Oh, belajar blog itu mesti bayar ya?!

Ya, jika kalian tidak mau memaksimalkan kemampuan diri, untuk belajar blog pun harus merogoh kocek yang lumayan. Padahal, seandainya kalian tahu kalo belajar blog itu semudah membuat kopi, tentunya untuk mngeluarkan biaya pun menjadi sayang, bukan?

Perlu saya tekankan sekali lagi. belajar blog memang mudah. Tak jauh lebih sulit dengan membuat kopi. Namun, sebelum menguraikan betapa mudahnya belajar blog, saya akan memperkenalkan sejarah blogger.com kepada kalian dan mengenal orang-orang hebat di baliknya.

SEJARAH BLOGGER.COM


Kegiatan belajar blog kali ini akan diawali dengan pengenalan sejarah blogger. Blog kependekan dari Web Log. Blog merupakan diary online yang bisa dibaca pengguna internet lainnya. Inilah hal yang membedakan blog dengan buku diari (catatan harian). Blog pertama kali diperkenalkan oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999 dengan nama blogger.com.

Pyra Labs merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh Evan William (sekarang orang lebih mengenal Evan William sebagai CEO Twitter) dan Meg Hourihan. Pada awalnya, mereka menyediakan layanan ini secara gratis karena tidak memiliki ide untuk menghasilkan uang dari layanan tersebut.

Ketika perusahaan kehabisan dana, beberapa staf bekerja tanpa gaji dalam beberapa minggu, bahkan dalam beberapa bulan. Hal ini membuat karyawan Pyra Labs mundur bersama-sama dengan salah satu pendirinya Meg Hourihan.

Evan Williams akhirnya menjalankan perusahaan ini sendirian sampai ia mendapatkan dukungan investasi dari Dan Bricklin, pendiri Trellix. Sejak saat itu, kelangsungan hidup blogger didukung oleh program dan layanan blogger pro yang berbayar.

AKUISISI GOOGLE


Pada 2003, blogger.com diambil alih oleh google.com. Orang-orang Pyra Labs yang ada saat itu ditarik masuk ke dalam google. Mereka terdiri atas Evan William, Jason Shellen, Steve Jenson, Jason Sutter, Jason Goldman, dan Rudy Winnacker.

Pada 2004, Majalah PC Magazine menganugerahkan “People of the Year” kepada Evan Williams bersama dengan teman-teman yang ada di blogger, meskipun pada tahun yang sama Evan Williams keluar dari google dan membuat perusahaan sendiri, yaitu Twitter, layanan jejaring sosial yag saat ini sedang naik daun.

Google menggratiskan beberapa fitur yang semula berbayar. Blogger terus dikembangkan dengan menambahkan beberapa fitur baru, seperti pengaturan label, tampilan pengaturan tata letak dengan fitur drag and drop, HTML, menampilkan gambar, video, dan sebagainya.

Coba baca ini: Membuat Menu Link Loncat dalam Posting Blog
Hal ini memudahkan para pengguna yang tidak memiliki latar belakang pemrograman. Sehingga, belajar (bikin) blog itu semudah membuat kopi. Tidak perlu keterampilan dan kemampuan khusus tentang teknik pembuatan website. Siapa pun bisa melakukannya dengan mudah.

Nah, setelah mengetahui sejarah blogger.com, kegiatan belajar blog akan dilanjutkan pada hal yang sudah lebih mengarah pada proses pembuatan blog. Namun, seseorang tentu memiliki sebuah alasan sehingga memilih suatu produk, bukan? dalam belajar blog pun hampir sama, banyak website yang menyediakan layanan ngeblog, namun belajar blod di blogger.com memiliki sejumlah keunggulan.

ALASAN PENGGUNAAN BLOGSPOT


Bagi seorang yang baru pertama kali belajar Blog, layanan blogspot boleh jadi pilihan terbaik yang layak kalian ambil. Mengapa saya menyarankan menggunakan blogspot, karena ada beberapa alasan penggunaan blogspot yang sangat membantu kalian yang tengah belajar blog. Adapaun alasan tersebut adalah sebagai berikut.


  • Blogspot sangat mudah dipelajari (dalam hitungan menit).
  • Desain blogspot mudah diganti.
  • Layanan blogspot sangat cepat dan mudah diperbaharui.
  • Blogspot memiliki media pemasaran yang efektif.


Selain banyaknya alasan yang menuntun seseorang yang tengah belajar blog untuk menggunakan blogspot, masih ada alasan lain yang sangat disayangkan jika kalian melewatkan memilih blogspot.

ALASAN MEMILIH BLOGSPOT


Seperti yang telah disingguh sebelumnya, ada banyak alasan yang menuntut kalian untuk memilih blogspot. Adapun beberapa alasannya adalah sebagai berikut.


  • Tidak perlu instalasi.
  • Gratis semua fitur. Mudah dimodifikasi.
  • Ada fasilitas drag and drop.
  • Mudah mengganti alamat.


BUAT SEBUAH BLOG DALAM 3 LANGKAH


Membuat blog tidaklah susah, Kalian bisa mulai belajar blog dengan mengikuti beberapa langkah sebagai berikut.

Ciptakan sebuah akun (account).

  • Nama blog kalian.
  • Alamat blog
  • Pilih template.


PENDAFTARAN AKUN BARU


Kegiatan belajar blog yang selanjutnya telah sampai pada aktivitas membuat blog itu sendiri. Langkah pertama yang harus kalian lakukan sebelum membuat blog adalah membuat akun baru.

Cara pendaftaran akun baru di blogger.com adalah sebagai berikut.


  1. Buka browser web (internet explorer, Mozila firefox, Opera),
  2. selanjutnya ketik www.blogger.com
  3. Pilih teks Ciptakan Blog kalian.
  4. Selanjutnya, kalian diminta untuk mengisi formulir pendaftaran.
  5. Penentuan nama blog yang akan kalian gunakan. Pilih template.
  6. Blog kalian telah tercipta.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijaksana yaa, saya senang dengan komentar yang kritis dan membangun.
Segala bentuk komentar yang mengandung sara, provokatif dan pornografi akan saya hapus.
Terimakasih

Tombol Whatsapp hanya berfungi di Mobile Device

Ketik untuk cari dan tekan enter