Percaya Diri Itu ...?

Percaya Diri Itu ...?


Percaya Diri

1. Lebih banyak tersenyum dan santun karena tak ada satupun yang mengancam.

2. Memaafkan dengan lebih mudah dan memaklumi mereka yang salah karena kita pernah mengalami, melewati dan sudah mengatasinya dengan baik.

3. Tersenyum dan memberi ruang kepada orang asing di tempat kita yang terlihat terkebelakang, agak mengganggu akibat ketidaktahuannya karena sadar, suatu saat di masa lampau, kita pun begitu.

4. Mendengar dan memberi pujian pada orang yang berprestasi, sekecil apapun, karena kehadiran mereka tidak pernah mengancam kita.

5. Menyimak kesombongan orang lain dengan kelapangan dada karena memahami dg jernih, demikianlah perilaku khalayak saat pengakuan belum di tangan.

6. Menerima hinaan verbal dengan sentuhan halus di dada sendiri sambil menggumamkan "kata-kata tak melukaiku kecuali aku mengizinkannya".

7. Mudah menemukan dan memuji kelebihan orang dan tidak menonjolkan kekurangannya.

8. Menekuk ego dari godaan membantah orang lain meskipun apa yang disampaikannya tidak sesuai logika kita. Masing2 orang punya cerita dan cara pandang.

9. Tersenyum dan senang melihat orang yang lebih muda berprestasi tinggi karena prestasi mereka tak bisa menggeser pencapaian kita.

10. Tidak mudah terganggu melihat orang yang berusaha keras menunjukkan kemampuan dan kehebatannya karena paham siapapun pernah mengalami masa itu.

[I Made Andi - Geodesi UGM]

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijaksana yaa, saya senang dengan komentar yang kritis dan membangun.
Segala bentuk komentar yang mengandung sara, provokatif dan pornografi akan saya hapus.
Terimakasih

Tombol Whatsapp hanya berfungi di Mobile Device

Ketik untuk cari dan tekan enter